Skincare Butuh Tak Butuh, Facial Oil - About Skincare

Skincare Butuh Tak Butuh, Facial Oil


Skincare Butuh Tak Butuh, Facial Oil

Hai semuanya, gw kembali untuk menulis blog post terbaru dan bercerita tentang facial oil. Ya sesuai judulnya, ini slot skincare butuh tak butuh sih buat sebagian orang.


Skincare Butuh Tak Butuh, Facial Oil 2

Nah, jarang kan gw bahas tentang facial oil. Nih sekarang gw kasih dulu lah point yang bakalan dibahas.

  • Apa itu facial oil?
  • Isi dari facial oil itu apa aja?
  • Apa itu omega 3, 6, 9?
  • Apakah facial oil itu menyerap?
  • Penting gak sih menggunakan facial oil?
  • Apa sih manfaat dari menggunakan facial oil
  • Udah pake facial oil, tapi selalu gagal, gimana ya biar cocok? 

I. Apa itu facial oil?
Facial oil adalah minyak yang dihasilkan dari tumbuhan seperti buah, bunga, daun, ya pokoknya dari tumbuh tumbuhan dah. Tapi ada juga kok facial oil dari hewan, contoh gampangnya adalah emu oil. 

Nah, untuk facial oil sendiri ada 2 kategori yaitu carrier oil (minyak pembawa) dan essential oil (minyak atsiri). Carrier oil adalah minyak yang bisa digunakan dalam jumlah banyak tanpa harus dicampur dengan minyak lain. Sebenernya bisa sih dicampur minyak lain, biar lebih elegan dan fancy aja gitu. Carrier oil termasuk facial oil yang murah dan banyak banget dicari. Contohnya grapeseed oil, rosehip oil, seabuckthorn oil, tamanu oil, neem oil, banyak dah, cari di google juga sudah banyak infonya.

Sedangkan essential oil adalah minyak yang dihasilkan dalam jumlah sedikit dan sangat potent serta konsentrat. Ini kalau dicampur dengan carrier oil, ngebuat oil jadi seger ketika di hirup aromanya. Dan, cuma bisa digunakan 2 tetes untuk 10ml carrier oil aja. Contoh nih buat essential oil adalah tea tree oil, rose oil (bukan rosehip ya, beda), jasmine oil, juniper oil, cedarwood oil. 

Pusing gak dengan istilah diatas? Gampangnya gini deh, ketika beli skincare terus dikirim pake ekspedisi, Nah ekspedisinya itu adalah carrier oil (yang membawa) sedangkan paket kita adalah essential oil.

Skincare Butuh Tak Butuh, Facial Oil 3

II. Isi dari facial oil?
Bermacam macam, tapi utamanya adalah Omega 3 (Linolenic Acid), 6 (Linoleic Acid) dan 9 (Oleic Acid) dan juga beberapa asam lemak tak jenuh (PUFA) lainnya. Tapi buat facial oil yang ada warnanya seperti Seabuckthorn Oil, Carrot Seed Oil, Rosehip Oil, kan warnanya jingga pekat tuh, nah ini mengandung beta karoten / provitamin A bukan Vitamin C.

Selain itu, semua facial oil mengandung Vitamin E sebagai antioksidan.


III. Apa itu Omega 3, 6, 9?
Omega 3, 6 dan 9 itu adalah salah satu asam lemak tak jenuh (PUFA). Nah kalau kita kekurangan / defisiensi asam lemak terutama ketika oles mengoles wajah, kulit wajah bisa gatal, kering akibat TEWL / TWL, dan memicu dermatitis (Sumber)

Facial oil yang mengandung omega 6 (Linoleic Acid) dalam jumlah tinggi mempunyai tekstur yang ringan dan cepat menyerap sedangkan facial oil yang mengandung omega 9 dalam jumlah yang tinggi mempunyai tekstur yang berat dan sangat emollient.


IV. Apakah facial oil itu menyerap?
Cerita dulu deh, struktur kulit kita paling atas yaitu Stratum Corneum mempunyai 2 regional / kubu / genk, yaitu hidrofilik / water-loving / suka dengan air dan juga lipofilik / oil-loving / suka dengan minyak. Jadi untuk yang suka pake facial oil aja (tanpa dicampur apapun), ya pasti menyerap. Atau yang dicampur dengan air pun tetep akan menyerap juga.


V. Penting gak sih menggunakan facial oil?
Nah, ini sesuai judul post ini, butuh nggak butuh aja. Lebih ke personal-nya. Kalau emang suka banget pake oil ya silahkan, nggak pake juga gak apa apa kan. Gak usah gontok - gontokan, hanya karena debat pake facial oil doang 😅😅


VI. Manfaat menggunakan facial oil?
Buat yang sudah pakai facial oil dan ngerasain hasilnya, paling utama banget adalah kulit terasa lembab, kenyal, supple. Gw gak bilang oil itu hydrating ya, karena oil termasuk emollient jadi bisa seal dan membuat kulit terasa halus. Nah, kalau ada oil yang propertiesnya lebih seperti Rosehip, Maracuja, Seabuckthorn, Carrot Seed itu bisa mencerahkan wajah serta supply beta karoten yang akan diubah menjadi retinol.

Di gw, facial oil ini bisa banget untuk mengurangi jerawat dan bekasnya terutama PIH, sedangkan untuk PIE harus ditambah dengan skincare kece yang mengandung niasinamida. 

Rajin menggunakan facial oil bisa untuk mengurangi penampakan keriput / fine lines, mengurangi bekas jerawat dan inflamasi ketika sedang ada jerawat, mencerahkan wajah, mengenyalkan kulit, dan memperbaiki dan memperkuat acid mantle sebagai barrier kulit, serta antioksidan. Ya udah sih, itu aja ya yang gw tau, soalnya gw bingung apalagi yang gw rasain ketika rajin pake facial oil, hahahaha.


VII. Udah pake facial oil, tapi selalu gagal, gimana ya biar cocok?
Nah, kalau yang ini harus eksperimen sendiri. Gw dulu pake cara kayak orang orang bilang :
- Dipake ketika wajah masih lembab / basah
- Di gosok dulu di telapak tangan sampai hangat baru di tepuk tepuk
- Di campur menggunakan air / toner

Skincare Butuh Tak Butuh, Facial Oil 4


Tapi, ketiganya gak ada yang cocok. Dan akhirnya gw coba campur ke emulsion / milk Hada Labo Shirojyun. hasil akhirnya adalah COCOK dan gak menimbulkan jerawat, jerawat lemak, whitehead. Malah bikin kulit gw jadi kenyal, lentur, supple, dan KENCANG!

Baca juga Skincare Routine gw, supaya kalian bisa mix oil dengan actives supaya buat kulit jadi kencang.


Sekian dulu pembahasan facial oil kali ini cuy. Semoga kalian bisa lah gak begitu kangen sama gw, dan selanjutnya gw bakal mengulas tentang,.... pssst rahasia!

You Might Also Like

6 komentar

  1. Btw gue juga pake face oil dari happleid so far buat si pori mayan kalem dan mayan gkowing sih hahaha weiya gue biasanya sebelum pake face oil pake toner mawar yg dari happleid juga sih dan ternyata jadi satu kesatuan antara toner mawar,grape seed oil dan almond oil

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya tadi beli happle yang grapeseed oil yah, tapi karena si purivera sedang BOGO jadi beli purivera aja. Sayangnya botolnya gak gelap sih.

      Delete
  2. Baru denger ada facial oil ini dan sepertinya cukup menarik untuk di coba kebetulan muka aku ini kering banget dan gampang kusam. Bisa beli ini dimana ya sist?
    Ravitamala.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bebas beli dimanapun, mbaak :).
      Ada macem macem mereknya, Happle, Purivera, Eleaorganics (bisa beli di femaledaily), Indoganic, Trilogy, Sukin, Antipodes. Wuah, banyak banget emang hahaha.

      Untuk kulit kering dan kusam aku rekomen Maracuja, Rosehip, Seabuckthorn, Carrot Seed mbak.
      Terima kasih sudah mampir

      Delete
  3. Wah kebetulan lagi pengen coba facial oil juga nih, tapi ngga tau mau coba yang mana masih bingung. Makasi yaa udah sharing tentang facial oil :)

    Btw, foto author kok beda yah jari tangannya sama yang di foto post ini? Beda orang kah? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya lebih ke skin concern mbak nindy, kalau kering bisa coba yang tinggi omega 9 tapi kalau berminyak coba oil yang tinggi omega 6.

      Iya, itu tangan adik saya mbak. Soalnya kalau dia yang foto tangan saya, kacau, ngeblur terus.

      Delete

Saya membaca setiap komentar kalian juga sangat mengapresiasi komentar baik yang negatif, positif, maupun yang biasa biasa aja. Please jangan spam / promosi di sini ya