Skincare Routine - About Skincare

Skincare Routine



Skincare Routine
Hai semuanya, gw kembali untuk menulis blog post terbaru. Kali ini gw menulis tentang skincare rutin yang sedang gw pakai sekarang ini. Penasaran? Check this out!



Sebelum memulai, gw bakal menceritakan tentang kondisi kulit gw dulu ya. Kulit gw yang tadinya berminyak sekarang berubah menjadi kombinasi, terus banyak sekali atrofik scar terutama ice pick scar di kedua pipi samping hidung dan juga box scar yang lumayan mengganggu. Selain itu, gak dipungkiri juga sih banyak sebaceous filament, blackhead, whitehead, noda bekas jerawat dan jerawatnya juga tipe cystic, pustula, papula.

Dan ini lah skincare yang gw pakai, meskipun memang tidak mengurangi sebaceous filaments dan atrofik scar, tapi setidaknya bisa mengurangi jerawat, noda bekas jerawat serta whitehead dan blackhead.

1. Cleansing


Skincare Routine 2

Disini gw menganut double cleansing menggunakan Vaseline Petroleum Jelly sebagai Cleansing Balm. Menurut gw ini sudah sangat bersih tanpa meninggalkan kesan ketarik kok buat wajah. Di gw petroleum jelly ini cukup untuk membersihkan sunblock, kotoran, dan yang bikin dekil juga kumel itu bisa bersih dengan 2x pembersihan. Iya, jadi gw pake dulu sekali, terus seka menggunakan tisu. Lalu pake lagi dan di seka lagi menggunakan tisu. Agak ribet memang, tapi yasudahlah hahaha.

Selesai menggunakan petroleum jelly, gw menggunakan Hada Labo Shirojyun Face Wash. Ini sedikit mengeringkan kulit dan bikin sedikit ketarik juga dibanding seri Gokujyun Face Wash-nya. Tapi masih bisa di kompensasi dengan menggunakan skincare yang sifatnya hydrating.

2. Acid Exfoliant


Skincare Routine 3

Gw sangat, sangat, sangat suka dengan acid. Apalagi yang sifatnya mengurangi kekusaman dan kemerahan serta kalau bisa menghidrasi dan mengencangkan kulit. Makanya yang dibawah ini gw beli dengan alasan diatas hehe :)

Inilah beberapa pasukan acid gw :
A. Erha Acne Care Lab Clarifying Gel. Mengandung 2% BHA, 8% GA, 1.8% LA, dan 4% Niacinamide. Sudah pernah dibahas, kalian bisa baca disini ya

B. Glikoderm Soothing Skin Toner dengan 4% PHA. Toner ini cuma buat kulit jadi basah doang sih, tidak begitu menghidrasi. Tapi buat yang kulitnya gampang iritasi, pake ini jadi terasa soothing dan mengurangi redness. Mengandung 4% PHA ya sepertinya mirip dengan Hada Labo Mild Peeling Lotion. Hanya bedanya, Glikoderm mengandung Gluconolactone sedangkan Hada Labo Mild Peeling Lotion mengandung Gluconic Acid. Tidak mengandung pewangi dan alkohol. Gw pakai toner ini setiap hari pagi dan malam.

Baca ulasan lengkap gw tentang Glikoderm Soothing Skin Toner with PHA 4%.

C. Theraskin AHA Toner. Nah kalo AHA toner ini mengandung 4% Lactic Acid. Mengandung champor jadi baunya seperti caladine lotion dan ada alkoholnya juga. Gw pakai 3 hari sekali karena tidak begitu mengiritasi kulit dan nggak ngeringin.

D. Yang dibotol Secret Key itu adalah Theraskin Peeling Glycolic Acid 20% tapi di encerin jadi konsentrasinya 10% aja. Kalau ini gw pakai hanya seminggu 1x karena agak nyelekit banget. Lebih powerful dibanding AHA toner karena emang GA lebih kuat dibanding LA. Pakai ini bisa memudarkan bekas jerawat sama noda nodanya. Minusnya hanya kurang rajin aja dan harus kuat nahan perih dan beban hidup. Hanya dipakai malam hari aja. Sebenarnya bisa dipakai siang hari juga, tapi dengan catatan harus menggunakan sunblock setiap hari dan re-apply setiap kalian keringetan / kena air tanpa ada negosiasi!

E. Vitacid 0.05%. Tidak perlu diragukan lagi, ini udah gw pake sekitar 3 tahun dan tube yang ke sekian saking sukanya dengan retinoic acid. Dipakai setiap malam. Tidak diperbolehkan untuk ibu hamil dan menyusui. One more fact, sekarang wajah gw berasa banget ketarik kencang dan lifting gitu deh.

F. Zelface 20% Azelaic Acid. Gw sendiri yang nulis di blog, tapi gw sendiri juga yang keracunan. Ini dipakainya ketika kulit gw memerah aja seperti habis mencet jerawat. Soalnya kulit wajah gw kalo memerah itu kayak "istri yang abis ditampar suami pake sendal karena dapur gak ngebul". Saat di aplikasikan ke wajah, krimnya berasa dingin banget. Tidak digunakan lebih dari 6 bulan sih di brosurnya. Dan ini juga ada efek mattifying-nya! Beneran deh. Bisa juga untuk mengurangi peradangan jerawat tapi yang ringan sampai medium, kalo yang cystic sudah jelas gak bakal mempan pake ini, tapi bisa untuk ngurangin merah karena inflamasinya aja. Sepertinya kalo kulit gw atau kalian ada yang memerah gini, lebih baik coba azelnia Theraskin.

Kalian bisa baca tentang Azelaic Acid disini

G. (Tidak difoto) Theraskin Peeling Solution 30% SA. Salah satu acid terakhir yang gak gw foto karena gw masukkin ke kemasan jar bekas moisturizer (tentunya sudah dibersihkan dan di sterilkan terlebih dahulu). Ngeri tumpah kan. Di pakai hanya ketika wajah gw kurang energi dan terlihat kotor. Gw biasanya duetin ini dengan GA toner 10% diatas. Besoknya, jangan ditanya, langsung kinclong dan bercahaya. Salicylic acid solution ini gw pake dengan konsentrasi 4% aja. Dipakai malam hari juga, namun bisa dipakai juga siang hari, tapi tentu saja tidak ada negosiasi untuk tidak menggunakan sunblock.


3. Hydrating Essence dan Toner


Skincare Routine 4

Untuk kali ini gw memasukkan Glikoderm lagi karena memang awalnya tidak begitu terasa hydrating tapi buat kulit terasa bouncy dan basah jadi bisa dibilang ini semacam booster juga.

Nah sudah sebulan lebih ini gw mencoba skincare baru yaitu Wardah White Secret Pure Treatment Essence. Awalnya gw beli sendiri, terus kemudian ternyata gw menang giveaway dari sebuah forum dan alhasil gw jadi punya 2 deh hahaha.

Selama pemakaian, Wardah PTE ini cukup melembabkan kulit bahkan sampai sebulan rutin pun tidak merasakan perubahan dari bertambahnya hidrasi. Kayaknya ini sih hanya supply hidrasi ketika dipakai saja. Wardah PTE ini mengandung Vitamin B3 yang berfungsi sebagai agen anti ageing dan mengurangi kemerahan serta mengandung ekstrak kultur bunga Edelweiss. Ingat, kultur ya, jadi dibudidayakan sendiri dan tidak mengganggu populasi bunga Edelweiss sendiri yang ada di gunung. Selain itu, Wardah PTE ini juga mengandung adenosine, sodium metabisulfit, ekstrak silver vine sebagai antioksidan dan juga sodium hialuronat / asam hialuronat, dan gliserin sebagai humektan yang memberikan hidrasi ke kulit. Bebas pewarna, parfum, alkohol dan paraben.

Mencerahkannya tidak begitu terasa, apalagi sampai naik skintone, nggak. Ini bukan hidrokuinon atau merkuri yak! Tapi bisa menjaga kulit supaya tidak kusam dan tetap kinclongs clongs nan bercahaya. Eits, ini bisa juga untuk membantu memudarkan noda bekas jerawat terutama PIE. Wardah PTE di gw tidak ada oil control ya, jadinya mungkin tidak ada efek matte. Pun ketika dipakai nggak ada rasa panas / dingin, biasa aja hahaha. Dan enaknya juga sih di gw tidak ada adaptasi atau purging lah, bahkan beruntus juga tidak ada.

Wardah PTE mengandung lesitin yang bisa digunakan sebagai emulsifier, jadi buat kalian para "PEMALAS" yang males banget buat layering skincare, pake ini campur face oil, itu bakalan nyatu dan tinggal templok aja.

Kalian juga bisa baca tentang PIE dan ulasan gw tentang Wardah White Secret PTE

Lanjut ke hydrating tonernya, gw memilih Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Lotion. Karena sebelumnya sudah menggunakan Glikoderm, jadi begitu pakai Hada Labo ini sudah lembab, dan bouncy serta supple. Kalau ditambah Wardah PTE, wah jangan ditanya lagi, bisa sih jadi sangat, sangat, sangat lentur, kenyal, lembab.

Kenapa pilih Hada Labo lotion warna biru dibanding putih? Karena gw lagi mau pake skincare yang bisa memudarkan noda noda hitam bekas jerawat.


4. Pelembab dan Facial Oil


Skincare Routine 5

Nah, fokus utama gw lagi adalah mencari pelembab yang bisa juga mencerahkan kulit serta menghidrasi dan menjaga kelembaban kulit supaya tetep awet muda, men!
Makanya gw memilih varian Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Milk sebagai emulsion gw, dan dicampur dengan face oil dari Eleaorganics Female Daily yaitu Rosehip dan Maracuja Oil.

Karena labelnya udah gw lepas (karena pas dibuka, minyaknya pada tumpah ke labelnya), jadi gw gak tau dah tuh yang mana Rosehip dan yang mana Maracuja.

Kombinasi Hada Labo Shirojyun Lotion + Milk dan face oil ini mampu dah mengatasi kulit gw yang banyak noda bekas jerawat akhir akhir ini.

Kadang, kalau malam hari, gw juga sih campur si Hada Labo Milk dengan facial oil dan Vitacid jadi satu terus di mix dan oles supaya besok paginya kulit gw kencang dan tetap kenyal tapi tidak kering, mengelupas.

Facial oil, butuh gak sih?

Akhirnya, muncul lagi lah si makhluk Vaseline Petroleum Jelly ini. Kalau yang ini gw pake di step akhir saja sebagai sleeping mask / pelembab siang hari, tidak melembabkan, tapi bisa menjaga kulit supaya gak menguap kadar airnya. Pas wudhu pun masih terasa licin lembab, jadi gw ngerasa memang sangat sangat bagus buat dijadikan pelembab.

5. Sunblock

Wadaw, untuk yang satu ini kebetulan pas lagi di foto malam ini ternyata sudah habis dan dibuang pagi tadi. Pikun sekali gw, bikin skincare routine tapi tidak foto step penting yang satu ini!
But, no worries, dear. Gw pake sunscreen dari Emina kok, sangat terjangkau dibanding Skin Aqua yang SPF 50.

Dan berakhirlah sudah beberapa skincare routine gw, kalau kalian ada yang mau bertanya, silahkan saja :)


Terima Kasih ya :)

You Might Also Like

4 komentar

  1. hallo salam kenal.. Suka deh baca blog km. Positif n bantu bgt. Newbie soal produk theraskin nih.. bisa rekomen gak produknya apa aja? Yg buat ngilangin bekas jerawat. Dan jerawat ringan yg msh suka dtg skali2? Pernah pake single niacinnya gak? Thank before yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jerawat ringan yang masih suka datang yah, bisa pake BHA Toner beli di shopee (dengan seller Beblove) atau search di FB Nopiting .

      Niacin creamnya sudah berlabel atau masih racikan? Keduanya belum pernah aku coba, mbak Egi.

      Terima kasih

      Delete
  2. halo Kak,

    klo abis berhenti obat dokter karna takut efek steroid n hidrokuinon, kira2 apa ya regime pengganti yang murmer (wakakak) tuk masalah kulit kering, hiperpigmentasi (muka jauuh lebih hitam dari badan, padahal rajin pake n reapply sunblock), dan tentunya mo fokus antiaging juga. So far sih maunya:

    1. rosehip oil eleaorganics
    2. produk2 Theraskin/immortal, tapi bingung yang mana. Kemarin sempet konsul online di tokocantikaisa, ditawarinnya paket whitening immortal white series (wx), yang salah satu krim malamnya adalah KMF 0,05 (racikan), yang isinya hidrokuinon 5%, tretinoin dan steroid topikal. Jadi bingung wkwkw padahal mau hindarin krim2 keras kayak gitu.

    Ada saran kah Kak? Aku pernah juga pake Hada Labo series, Wardah series tapi ga ngefek. Pernah juga The Ordinary yg niacinamide, Lactic Acid 10% n Alpha Arbutin lumayan ngefek tapi ga terlalu juga sih (dan TO kemahalan sih wkwk jadi ga repurchase).

    makasiih masukannya Kak

    ReplyDelete
  3. Halo reza salam kenal,
    Takjub saya dengan rangkaian acidnya kamu, keren nih hehehe

    next time buat tutorial untuk mendilute BHAnya theraskin dong rez, susah banget cari toner BHA lokal, pakai BHA power liquidnya cosrx kayanya ga gitu ngaruh

    Untuk glicolyc acidnya sendiri selama ini saya pake immortal AHA Solution yg kandungannya GA 8%, ini lebih strong dari tonernya AHAnya theraskin

    ReplyDelete

Saya membaca setiap komentar kalian juga sangat mengapresiasi komentar baik yang negatif, positif, maupun yang biasa biasa aja. Please jangan spam / promosi di sini ya